Rabu, 18 Agustus 2010


PUTRA TUJUH BELAS PECINTA ALAM ( PUTUPALA )



<<<back to extra or see more pictures

Organisasi yang berbasis pecinta alam, lebihnya lagi ekstrakurikuler di bidang kepecintaalaman dari SMK 17 PARAKAN. Ya, PUTUPALA (Putra Tujuh Belas Pecinta Alam) Dikukuhkan tanggal 15 Januari 2010. PUTUPALA didirikan atas dasar keinginan dan kesadaran siswa-siswinya untuk melestarikan alam. Salam Lestari! Begitulah salam untuk para pecinta alam. Pecinta alam adalah bagaimana sikap manusia itu berupaya untuk merawat dan melestarikan alam disamping menikmati keindahannya.

Melihat banyak sekali bencana alam atas kelalaian manusia, Global Warming, Hutan Gundul, Sampah atau Limbah yang tak sedikit. Oksigen pun semakin berkurang atas tercampurnya gas-gas yang berbahaya atau gas rumah kaca, misalnya : karbon monoksida, metana, dinitrogeno oksida, dll. Lapisan ozon yang berlubang. Tentu tidak hanya itu saja berbagai macam penyakit aneh pun bermunculan. Bukan hanya fauna yang terancam punah, tak luput flora pun terancam punah. Tidak akan ada habisnya kita berbincang masalah kerusakan alam yang terjadi di bumi tercinta ini. Bagaimana sikap kita melihat itu semua ? Apakah generasi muda ini akan berdiam diri saja ? bagaimana anak cucu kita kalau tidak bisa melihat jernihnya air sungai, tidak dapat melihat Pohon yang rimbun?

Sebelum terlambat, PUTUPALA akan mengajak dan merubah pola hidup kalian untuk berbuat hal yang positif semestinya. Karena kalau bukan kita, siapa lagi ?

Pecinta alam yang berbasis edukasi ini, kegiatannya macam-macam. Disamping kita bersenang-senang tapi bermanfaat untuk sekitar dan masa depan. Kita bebas tapi punya aturan. Disini kebersamaan mengalahkan keegoisan. Kita tidak mengenal senior dan junior, semua sama. Kegiatan indoor dan outdoor pun ada dalam PUTUPALA. Misalnya:

? Camping Fun
? Penanaman dan Reboisasi Hutan
? Bakti kampus dan Bakti Sosial
? Susur Sungai
? Pendakian Gunung
? Tapak Tilas
? Games, dll

Nah, ekstrakulikuler ini melahirkan para siswa yang lebih mencintai alam. Mengajarkan bagaimana kita bertahan hidup (jungle survival), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue), games, dll. Selain itu kalian juga dapat mengenal organisasi atau pecinta alam lain yang berbasis edukasi maupun komunitas disekitar Temanggung, Jawa dan di seluruh Indonesia bahkan Dunia.

Let?s join us with PUTUPALA ! Kalian bisa gabung di PUTUPALA saat perekrutan. Gunakan masa mudamu untuk hal yang positif.

written by. dicka

Komentar...