Rabu, 18 Agustus 2010


ADMINISTRASI PERKANTORAN


Gambar. Siswa-siswi Administrasi Perkantoran


1. Definisi

Administrasi Perkantoran adalah kompetensi keahlian pada bidang studi keahlian bisnis dan manajemen yang menekankan pada penguasaan bidang pekerjaan Administrasi.

Kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pelayanan, tata usaha, kearsipan dan pembukuan yang dikelola oleh perusahaan, instansi pemerintah maupun swasta.

2. Tujuan

Secara khusus Program Studi Keahlian Administrasi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK 17 PARAKAN bertujuan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat;
2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga;
5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak;
6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.


3.
Ruang Lingkup Pekerjaan

Dalam melaksanakan pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh tamatan kompetensi Administrasi Perkantoran, yang bersangkutan mampu bekerja mandiri atau bekerja dalam tim kerja dibawah koordinasi pihak lain dalam bidang :

NO

LAPANGAN KERJA

LINGKUP PEKERJAAN

1

Tata usaha

  • Penerimaan surat
  • Pengetikan surat
  • Pengiriman surat

2

Bagian pelayanan

  • Costumer service
  • Operator telepon

3

Pengelola pertemuan

  • Perencanaan rapat
  • Penyelenggaraan rapat
  • Notulen rapat

4

Kearsipan

  • Pengkodean surat
  • Penyimpanan surat
  • Penyortiran surat
  • Penyusutan surat

5

Perencanaan perjalanan dinas

  • Merencanakan daftar perjalanan
  • Mempersiapkan perjalanan
  • Membuat laporan perjalanan

6

Pembukuan

  • Mencatat transaksi keuangan

 

See more : | Akuntansi | Pemasaran | Teknik Komputer dan Jaringan |


Komentar...